Panasonic LED untuk Menerangi Kompleks Candi Prambanan

Panasonic LED untuk Menerangi Kompleks Candi Prambanan

Panasonic LED untuk Menerangi Kompleks Candi Prambanan

SEBANYAK 16 proyektor lampu LED telah disumbangkan ke Kompleks Candi Prambanan, yang ditunjuk sebagai properti Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991. Sebelumnya, situs Prambanan menggunakan lampu halogen (HID) untuk penerangannya, dengan penggantian lampu dengan proyektor LED akan mengurangi konsumsi energi sekitar 30 persen.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), Perwakilan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) di Jakarta, dan Panasonic Corporation pun menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) empat arah pada tanggal 9 Oktober untuk mempromosikan “konservasi dan peningkatan kesadaran untuk melindungi situs Warisan Dunia UNESCO” dan “pendidikan dan kegiatan budaya yang bertujuan untuk pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat muda di sekitar Borobudur, Prambanan dan situs Ratu Boko di Indonesia.”

Penandatanganan ini menandai peluncuran proyek bersama berikut. Donasi proyektor LED untuk menerangi Kompleks Candi Prambanan sebagai Situs Warisan Dunia.

Proyektor LED tersebut juga dapat menyala dengan seketika dan memiliki umur pemakaian yang lebihpanjang yakni selama 40.000 jam tentu secara signifikan dapat menurunkan beban untuk pemeliharaan dengan mengurangi kebutuhan untuk penggantian lampu.

 

Dengan lampu LED baru yang disumbangkan oleh Panasonic untuk mencerahkan tiga candi utama, diharapkan akan memberikan kontribusi untuk promosi situs Warisan Dunia dan lingkungan sekitarnya.

Selain itu, ada juga dua program pendidikan bersama bagi para pemangku kepentingan lokal dan masyarakat yang tinggal di sekitar Candi Borobudur dan Prambanan untuk melakukan promosi industri kreatif.

Program-program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya upaya menjaga situs Warisan Dunia dan memberikan kesempatan pengembangan mata pencaharian bagi kaum muda melalui program pendidikan dan pelatihan tentang industri budaya.

Seperti diketahui, PT Panasonic Gobel Eco Solutions Sales Indonesia telah memperkuat jajaran produknya dengan merilis 49 model lampu LED, termasuk lampu langit-langit (ceiling lights), dan sembilan model lampu LED untuk penggunaan non-rumah tangga di pasar Indonesia mulai 1 Maret 2015 mendatang. Ini bertujuan untuk meningkatkan target penjualan bisnis lampu di Indonesia sebesar 10 miliar yen pada Tahun Anggaran (TA) 2018 atau sekitar empat kali lebih besar dibanding TA 2013.

Mr. Ichiro Suganuma selaku Panasonic Group Representative in Indonesia berharap, dengan inovasi teknologi yakni lampu LED serta kemitraan Indonesia dan UNESCO ini dapat terjalin ikatan dan kemauan bersama seluruh masyarakat untuk menjadikan bumi ini tempat yang diidamkan, sesuai dengan komitmen Panasonic yakni, A Better Life, A better World.

(amr)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s